Langsung ke konten utama

Lentera yang Meredup

Ini adalah sebuah kisah yang mungkin untuk pertama dan terakhir kalinya aku bagikan. Terinspirasi dari sebuah postingan seorang kakak yang baru saja terbaca olehku. Untuk yang ingin membaca, silahkan klik link ini .....

Aku sudah lama tak lagi kenal apa itu arti persahabatan. Perjalanan hidup mengajarkan aku lebih dulu pada pengkhianatan di saat aku belajar untuk mencari dan menemukan apa itu arti sahabat. Masa sekolah dasar yang seharusnya menjadi masa yang menyenangkan sekaligus transformasi kepribadian dari anak-anak menjadi remaja. Enam tahun berproses. Genap di tahun kelima, aku mulai menemukan kelompok bermain yang aku pikir memang menyenangkan. Terlebih lagi rumah aku dan mereka cukup dekat. Dari beberapa mereka, ada seorang teman yang menurutku pada saat itu, hubungan kami sangat dekat. Aku main ke rumahnya dan dia main ke rumahku. Menghabiskan waktu bersama dari pagi hingga sore. Bahkan, orang tuaku pun sudah mengenalnya dengan baik.

Setahun berlalu, aku pun baru mengenal dia yang sebenarnya. Siapa bilang teman tidak bisa menusuk. Difitnah di belakang, dikatain ini itu, dan dia mengakuinya. Sejak saat itu, aku tidak lagi tahu arti persahabatan dan segala macamnya. Berteman sewajarnya dan menganggap semua orang adalah sama. Ternyata ada hikmah di balik ini semua, aku pun meraih apa yang kuinginkan di SMP, menyelesaikan masa pendidikan selama dua tahun.

Aku pun menemukan alasan baru yang aku putuskan untuk melanjutkan pendidikan di sebuah sekolah binaan provinsi. Alasan yang sampai saat ini hanya kusimpan untuk diriku sendiri. Alasan yang membuatku memutuskan untuk tiba-tiba menginginkannya sekitar tiga bulan setelah aku mengenal sekolah itu.

Aku pun menempa diri di sekolah tersebut. Dengan rutinitas baru dan dengan orang-orang yang dibesarkan dengan latar belakang yang berbeda. Di antara ratusan orang, semua adalah sama. Hingga aku pikir mungkin inilah saat yang tepat untuk aku mencari arti sahabat kembali. Setahun berlalu aku menemukannya. Seorang yang menurutku memiliki pemikiran yang sama, saat itu. Kedekatan bermula dari hal kecil atau sama sekali bukan masalah personal, tapi justru mengurusi masalah orang lain, kami pun saling mengenal hingga akhirnya kepercayaanku kembali terbuka untuk orang lain. Saling bercerita, mendukung, dan mendengarkan satu sama lain. Memperhatikan dan mencari solusi dengan seksama. Aku pikir anggapanku sudah terlalu jauh, kadang menganggap sebagai teman, sahabat, abang, atau lebih nyaman dari itu. Namun, syukurnya aku tidak terlena. Ketika perasaan itu menyergap aku kembali memperbaiki diri. Hingga di penghujung SMA dan semua kisah indah itu terkubur. Persahabatan yang kuharapkan untuk berlanjut hingga mungkin aku menemukan teman hidupku dan dia pun begitu tidak pernah ada.

Dia terlalu baik, hingga aku tidak tahu membalasnya seperti apa. Aku berjalan melewati lembah hanya untuk melihat kondisinya, apakah dia baik-baik saja tanpaku. Atau apakah aku tidak membantunya sama sekali. Setelah lulus, permasalahan yang dia hadapi semakin ruwet. Aku pun hanya bisa menyemangati dari jauh. Hingga aku rasa, ini saatnya aku pergi karena tak ingin rasa ini terlalu dalam. Permasalahanya adalah sama, orangtuaku mengenalnya sangat baik, sama halnya seperti mengenal teman "SD" ku itu. Aku pergi untuk melepas semua harapan. Hanya untuk sementara, karena nanti aku akan kembali untuk menjaga hubungan persahabatan kita dan memastikan sudah tidak ada lagi rasa yang tersisa. 

Waktu pun silih berganti. Aku masih menghubunginya. Untuk sekedar menjalin persahabatan dan komunikasi karena sangat disayangkan semua kisah yang telah terkubur itu menjadi hangus bagai debu dan tak ada pelajaran ke depannya. Namun, kenyataannya berbanding terbalik. Mungkin kenikmatan yang dia dapati saat ini berbeda dengan kesusahan yang dulu kami hadapi saat ditempa. Saat disalahkan, diabaikan, diletakkan di ujung tanduk, dan kami selalu ada. Semua berbeda. Dia sudah terlanjur membuka pintu percaya itu. Dan kini aku kembali percaya, teman atau sahabat hanya ada untuk di suatu masa, karena suatu alasan, dan untuk sebuah pelajaran. Aku merasa tidak ada timbal balik antara hubungan ini. Persahabatan macam apa ini. Mungkin ini saatnya kami benar-benar harus mandiri dan dia bisa sendiri tanpaku ataupun teman-teman lainnya. Selang aku mulai meninggalkan, terkadang ada rasa ingin menguhubungi dan sangat tidak bijak jika aku meninggalkannya begitu saja sementara aku tahu bahwa ada ketidaknyamanan di hidupnya saat ini.

Dia hanya datang saat kesedihan menerpa, saat sesekali ingat karena dia ingin mengulang tes perguruan tinggi. Aku rasa dia bisa menemukan "teman" yang lebih dibandingkan hanya sepertiku. Aku, teman yang mungkin tidak sesuai dengan harapannya. Menemukan kekasih semu dan tidak menemukan kebahagiaan,. Merasa tidak ada sahabat dan ditinggalkan. 

Namun, tahukah aku pun pernah merasa begitu, Saat aku pernah jujur, kaulah orang yang bisa membuka mataku kembali untuk percaya bahwa tidak semua orang sama. Saat aku bercerita bahwa aku merasa bersalah. Saat kita saling bertukar pesan saat masalah satu per satu menghujam di ujung kelulusan SMA. Itu hanyalah dulu.

Aku masih ingin memberimu support dan kita berbagi cerita, sebagai sahabat. Kau harus tahu bahwa aku tidak pernah sekalipun mengharapkan yang lebih, bahkan sekarang aku tidak mengaharapkan apapun padamu. Kau sudah berubah Meboy, panggilan yang kusematkan untukmu tanpa kau tahu, Kau benar benar menjadi melow dan tidak optimis pada jalanmu. Kau tidak menganggap aku ada, apalagi teman-teman seperjuangan kita dulu. Kau tidak lagi membuatku yakin akan sahabat yang mungkin pernah kau perjuangkan padaku untuk percaya. Kini, kau hanya bagian dari masa lalu yang memberikanku pelajaran banyak....

Kau sejatinya adalah kakak yang mengajarkanku untuk bercerita 
Kau adalah teman yang mengajarkanku untuk berbagi
Kau adalah sahabat yang mengajarkanku untuk tetap percaya pada jalan yang kupilih
Mengajarkanku bahwa ini hanya waktu yang berbicara

Aku kembali menemukan banyak mimpi
Aku tidak ingin menjadi biasa
Aku merasa butuh menjadi luar biasa
Suatu saat aku berharap tulisanku bisa dimuat dan kau membacanya

Mungkin ini hanyalah cerita tak penting 
Mungkin bukan hanya aku yang merasakan
Semoga keinginanku untuk menginspirasi terwujud
Darimu aku bisa mengubah benci itu menjadi tinju yang memaksaku untuk bergerak maju

Semoga kita dipertemukan dalam kesuksesan, kebahagiaan, dan nikmatnya iman.... Semoga kau segera bahagia.... Dan aku yakin bahwa aku bisa dan telah menjadi yang lebih baik sejak saat ini kuceritakan kisah ini dan kubagikan....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Penggunaan Zat Adiktif dan Psikotropika Terhadap Aspek Kehidupan

Dampak Penggunaan Zat Adiktif dan Psikotropika  Terhadap Aspek Kehidupan Disusun Oleh: {          Diajeng Anjarsari Rahmadhani {          Kezia Grace Monica {          Kresna Dwiki Ramadhana {          Rashif Imaduddin Lukman KATA PENGANTAR Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmatnya sehingga kami dari Kelompok 1 dapat menyelesaikan makalah mengenai Zat Adiktif dan Psikotropika. Makalah ini kami buat dengan penuh ketelitian dan kami rangkum dari beberapa sumber yang dapat dipercaya.  Makalah ini kami harap dapat bermanfaat bagi pembaca mengingat banyaknya pemanfaat negatif dari zat adiktif dan psikotropika. Dengan adanya makalah ini kami harap kita semua dapat terhindar dari dampak negatif zat adiktif dan psikotropika.Zat adiktif dan psikatropika adalah zat berbahaya yang telah diakui secara internasional.  Namun zat adiktif dan psikotropika juga memiliki pemanfaatan yang positif. Mengenai pemanfaatan zat adi

Tentang Hari Ini

Hari ini, dia terlihat lebih tampan dari biasanya Terlihat lebih profesional dan disiplin waktu karena salah satu atribut yang dikenakannya Hari ini, dia bercerita lebih banyak dari biasanya Dia menyuarakan perasaan dan pikirannya lebih lantang denganku Hari ini, dia bercerita dengan menatap mataku Mataku tanpa ragu menatap dan menanggapi dengan sungguh Hari ini, aku mengerti kenapa dia disenangi Kelembutannya tulus dan caranya memanusiakan manusia terpancar tanpa usaha yang lebih Hari ini, aku sadar mengapa ada penasaran tentangnya Aku menemukan frekuensi yang ternyata serupa tapi tak pernah kami coba selaraskan Hari ini, aku memberi saran untuknya Karena aku tahu dia harus mencari apa yang belum dia temukan pertanyaannya secara jelas Hari ini, aku sadar mengapa aku nyaman dengannya Aku juga sadar meski mungkin bersamanya, tapi ketidakmungkinan lebih besar karena sepertinya logikaku berkata dia tidak seperti yang ku cari Hari ini, aku menemukan kembali Sedikit merasa ada kemungkinan t

Sudut Pandang

Bulan, hidup terasa kadang sunyi. Di balik temaram sinarmu, kadang aku meringkuk mencoba mencari solusi. Tidak ingin meratapi tapi kadang semesta punya caranya untuk berdialog dengan ujian. Ada pelajaran yang harus kupetik agar aku menemui kebaikan di ujung perjalanan. Istirahat adalah akhir yang banyak tidak manusia mengerti. Saat tidur dianggap sebagai penghilang masalah, tapi nyatanya gelombang kegelisahan tetap masuk berwujud mimpi. Nyatanya dunia adalah tempat berlelah hati dan pikiran untuk akhir yang kekal. Bintang, ingin rasanya kupeluk permukaanmu agar tenang merasuk pada jiwa yang bergejolak. Meski tak dapat kuterka bagaimana suhu permukaanmu. Namun, entah kenapa aku percaya bahwa kelap kelipnya cahayamu seperti mengajarkan cara bertahan agar tetap menyala. Angin, aku melihat seorang wanita muda terpaku pada tatapannya sore ini. kutemui dia dalam keceriaan tadi pagi, tapi entah mengapa rautnya berubah menjadi mendung. Jika ku analisa, sepertinya bukan hiruk pikuk kota